Wednesday, June 25, 2014

Perkenalan dengan glidecam

Hai... nama saya mdfaisal. Sebenarnya awal saya mengenal camera stabilizer saat saya masih bekerja di tv swasta sekitar tahun 2001. Pada saat persiapan shooting acara varity show music, tim produksi menambahkan steadicam unit. Pertama kali saya sangat amazed banget sama benda ini. Gak cuma dengan menggunakan alat ini seolah-olah kita memakai jubah Iron Man, dengan alat ini pun dia menjadi pahlawan penyelamat dengan menghasilkan gambar yang fantastis. Gabungan pendekatan handheald camera dengan gerakan smooth seperti dolly.


Gambar Hanya ilustrasi saja
Setelah itu saya pun mulai mencari tahu alat itu namanya apa, cara kerjanya seperti apa, dan lainnya. Kemudian dengan uang tabungan saya, saya membeli buku-buku di amazone.com tentang cinematography dan steadicam tentu saja. Saya bahkan mendaftar untuk kursus 3 bulan di Australia untuk mempelajari 16 mm film camera dan Steadicam sekitar tahun 2004. Namun sayang karena saya gak dapet visa akhirnya gagal mempelajari alat ajaib yang bernama steadicam ini.

Namun passion tersebut ternyata tidak hilang begitu saja. Seiring berjalannya waktu, ternyata munculah Glidecam yang harganya jauh lebih murah dari Steadicam. Dan dengan menculnya trend DSLR Videography dan juga kamera video yang semakin menciut ukurannya, maka jubah Iron Man Glidecam ini tidak mutlak dipakai. Jubah Ironman ini namanya Smooth Shooter, yang harganya 16 jutaan di tokocamzone.com

Kemudian tahun 2012 saya bergabung di ring of fire adventure. Disinilah saya mulai belajar menggunakan Glidecam 2000 Pro (Non Micro adjuster) dan Smooth Shooter. Walaupun main job desk saya sebagai video editor dan colorist, beberapa kali saya mendapat kesempatan untuk menggunakan jubah iron man tersebut. Dengan kemudahan youtube saya mempelajari cara-cara menyeimbangkan vertikal, horizontal, serta drop test yang diperlukan waktu 2 sd 3 detik saja. 

Blog ini adalah catatan bagaimana saya belajar kamera stabilizer (glidecam) from scratch to something... Hingga detik tulisan ini saya buat, saya bahkan belum dapat menyempurnakan teknik shooting menggunakan glidecam. Tapi saya masih memiliki semangat besar untuk memperbaikinya....  Stay Tuned !!!

1 comment:

  1. Halo Mas Faisal, salam kenal, saya Budi. Blog-nya bagus dan informatif banget mas. Jadi makin semangat nih saya buat belajar stabilizer. :) Btw, les privat bisa gak mas? :D

    ReplyDelete

Silahkan mengobrol disini, saya ambil kopi dan jajan dulu biar chit-chatnya enak.

About Me

Powered by Blogger.