Thursday, June 26, 2014

Glidecam Ori VS Glidecam KW

Bukan orang Indonesia namanya kalau nggak punya banyak akal. Hehe. Tapi yang gue omongin disini bukan sisi negatifnya loh. Karena Camera Stabilizer sebenernya adalah perlatan yang sebenernya dapat dibuat di tempat bubut yang memiliki mesin CNC. Tapi yang ngerjain harus orang yang ngerti dasar-dasar camera stabilizer juga, Kalo nggak bisa kacau. Karena Tingkat  presisi pembuatan adalah hal yang paling penting. Di luar negeri seperti Tiongkok juga banyak menciptakan Handheld Camera Stabilizer dengan kualitas beragam, mulai dari buruk hingga lebih baik dari pada buatan Glidecam. Laing P04 adalah salah satu Glidecam KW dengan build quality lebih baik dari yang orinya. Bukan kata saya loh tapi katanya Nitsan Simantov.




Nama Steadicam, dan Glidecam sebenernya adalah nama brand dari Camera stabilizer. Kalau mau buka-buka wikipedia tentang steadicam, Garett Brown lah yang pertama di dunia menciptakan sistem stabilisasi pada kamera. Kemudian Glidecam menyusul dengan peralatan yang lebih murah dan lebih ringkas. Jadi sebenarnya Glidecam adalah Steadicam KW, wkwkwk... Oya, Glidecam itu juga nggak melulu sebagai camera stabilizer, karena mereka banyak juga membuat Camera Cranes, Remote Head, Slider, dan lainnya. Silahkan lihat webnya kalo gak percaya



Untuk di Indonesia sendiri yang membuat handheld stabilizer dengan kualitas yang cukup baik adalah Budi Jangkung yang udah mulai bikin sejak tahun 2011 (lihat tritnya), Alfa Jib (Lihat Tritnya), S3 (Lihat facebooknya), selebihnya saya kurang tahu atau memang saya kurang teliti lihat hasil mbah google. Ketiganya saya pilih karena mereka sudah menggunakan sistem micro adjustment knob seperti camera stabilizer merk Glidecam seri HD. Dan proses pembuatannya sudah fabrikasi (CMIIW) sehingga hasilnya lebih rapih dan akurat.

Lantas Manakah yang akan saya pilih ? Tulisan ini masih akan  berlanjut... 


0 comments:

Post a Comment

Silahkan mengobrol disini, saya ambil kopi dan jajan dulu biar chit-chatnya enak.

About Me

Powered by Blogger.