Wednesday, June 25, 2014

My Glidecam Gurus

Saya belajar glidecam hanya bermodalkan bantuan dari mbah google dan video dari om Yusup (youtube.com) banyak yang menjadi guru sekaligus inspirator saya. Seperti Devin Graham / Devin Supertramp, Nitsan Simantov yang mengajarkan cara membongkar bearing (laher) glidecam agar lebih smooth, kemudian tentu saja channel video dari glidecam 

Untuk Davin Supertramp saya sangat menyukai karyanya disaat dia membuat video klip Crystallize - Lindsey Stirling yang telah ditonton 97 juta ummat. Bahkan di forum glidecam.com video ini telah di pinned--atau kalau di kaskus di sticky--di sub forum Glidecam Product Discussion



Davin Supertramp adalah glidecam guru saya, dia bahkan sering menggunakan kamera canon 1D C yang body only saja mencapai 1,5 KG dengan menggunakan glidecam HD 4000 tanpa menggunakan arm brace. Buset Dah saya pake kamera dengan total beban 1,2 kg aja udah ampun-ampunan kok. Sebenarnya banyak sekali video Devin Supertramp ini di youtube, Anda bisa mengklik ini untuk menuju ke youtube sitenya. Tidak hanya Canon, RED Camera bahkan Phantom Camera pun dengan santai diajak menari dengan glidecam oleh si Davin ini. 
Arm Brace agar memikul berat glidecam tidak pegel tapi kok harganya lumayan bikin manyun yah 

Kemudian Nitsan Simantov, dia memberi tahu cara yang nyeleneh tentang mengganti oli bearing / laher dari gimbal. Namun dia mengingatkan kalau cara tersebut Sangat Tidak Direkomendasikan oleh Glidecam corp. Namun bagi pengguna DIY glidecam, atau glidecam KW Buatan Indonesia (saya juga punya satu) cara ini sangat membantu, karena biasanya laher yang dipakai sebagai gimbal dari glidecam tersebut adalah bearing kendaran bermotor. Bearing ini menggunakan gemuk lengket agar bearing lebih awet. Namun Bearing untuk glidecam tidak memiliki tingkat stress yang tinggi dibanding penggunaannya di dalam mesin kendaraan bermotor. Tips ini sangat membantu sekali setidaknya pada glidecam KW saya hahaha...



Oke sekian dulu dari saya, nanti kalau ada waktu saya update lagi.


3 comments:

  1. Keren bang blognya, sampe aku baca semua artikelnya.. kira kira.... glide bakal tersingkir gak yah dengan adanya electric gimbal :D

    ReplyDelete
  2. Mas kalo devin graham belajar pake stabilizer butuh berapa lama

    ReplyDelete
  3. Mas kalo devin graham belajar pake stabilizer butuh berapa lama

    ReplyDelete

Silahkan mengobrol disini, saya ambil kopi dan jajan dulu biar chit-chatnya enak.

About Me

Powered by Blogger.