Thursday, July 17, 2014

Fine Tuning Gimbal Pada Glidecam

WARNING: Pekerjaan ini bukan untuk noobies dan berjantung lemah. Hal ini dapat membuat garansi Anda tidak berlaku (jika Ada) Dan kerusakan permanen seperti baut menjadi dol. Penulis tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh keteledoran Anda.

Pada post sebelumnya, saya menuliskan tentang mengkalibrasi gimbal pada Glidecam. Nah pada post ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya.

Tapi cara ini hanya berlaku bagi Glidecam seri HD, XR, dan Pro. Tidak berlaku bagi camera stabilizer seperti flycam, laing, wondlan, dan lainnya. Jika Anda punya masalah dengan gimbal pada camera stabilizer merek tersebut, tunggu post saya selanjutnya.

Gimbal Malfunction adalah kesalahan pada gimbal system yang mengakibatkan camera stabilizer gagal mendapatkan Static Balance. Contohnya apabila Agan sudah berusaha mengeset camera stabilizer Agan secara vertikal, horizontal, dan drop time 2,5 sd 3 detik. Namun ketika camera stabilizer diputar 180 derajat, static balance menjadi kacau. 
ini contohnya.



Static balance sudah dapat dengan drop time 4-5 Detik dengan penghitungan stop watch. Setelah diputer, weleh-weleh kok menceng ke kiri ya?



Sebenernya sebagian sudah saya betulin. Awalnya malah lebih kacau. Depan Belakang pun juga nungging. Sori cuma sempet ngefoto yang miring kiri-kanan aja yaaa. 

1. Pertama Copot Camera Mounting Platform (Bagian Atasnya)
2. Kendorkan ke empat baut bagian atas gimbal (dikendorkan 1 sd 2 putaran saja yaa). Untuk obengnya saya pakai obeng yang ujungnya berbentuk bintang (Torx Wrench). 
Namun demi kepentingan ilmu pengetahuan... hahaha... Ke empat baut tersebut mau saya copot, untuk mengetahui kondisi bearing dan 4 baut adjustment apakah dalam kondisi baik. Maklum saya belinya seken, dari salah satu agan di komunitas DSLR Cinematography Indonesia. Jadi mari kita coba lihat sama-sama.


Nah ini penampakan bearing/laher pada glidecam. kelebihannya Glidecam dibanding Merek lainnya adalah adanya 4 mur untuk fine tuning pada gimbal. Keliatan kan mur-mur kecilnya ?



Kalo belum keliatan ini saya gedein gambarnya.


3. Pasang kembali camera mounting platform, pasang kamera, dan di balance ulang
4. Ini yang paling Sulit
Bagian yang menjauh dilonggarkan 1/2 putaran (diputar melawan jarum jam). Bagian yang mendekat dikencangkang 1/2 putaran (Searah Jarum Jam). 





Kemudian Glidecam coba diseimbangkan lagi hingga mencapai static balance. Kemudian putar 180 derajat, bila masih tidak seimbang lalukan step no.4 kembali. Hingga didapatkan static balance pada semua sisi.


Horee akhirnya berhasil.... Jangan lupa kembali ke step 1 dan 2 untuk mengencangkan kembali 4 mur pada bagian atas gimbal. Kemudian pasang kembali, static balance lagi. Kalau masih gagal ya diulang lagi.

Sebenernya pada glidecam saya awalnya selain menceng ke kanan, juga condong ke belakang. Caranya bagi agan yang glidecamnya condong ke depan atau ke belakang juga sama. Intinya Bagian yang condong kedepan, bautnya harus dikencangkan, tapi sebelum dikencangkan, baut yang belakang harus dikendorkan dahulu.

Total waktu yang saya perlukan untuk fine tuning ini adalah sekitar 4 jam + 4 jam jadi 8 jam. 4 jam pertama kunci L saya dol, terpaksa proses dihentikan karena harus beli kunci L merek Tekiro no.4 untuk mengencangkan mur yang bertugas fine tuning depan-belakang.
Rasanya Capek, Kemringet, dan Deg-degan bercampur jadi satu rasanya.

Kalo masih pusing silahkan liat video ini



Setelah berhasil fine tuning hd2000 saya merasakan perubahan besar pada glidecam saya. Mau Dibanting kiri-kanan, atas-bawah, tetep manuut aja... Benar-benar glidecam yang Sholeha. Loh ini istri apa glidecam sih ?!









4 comments:

  1. om saya punya stabiliser "owldolly Mini Stabilizer" masalahnya sama, kalo diputer agak goyang, kira kira bisa di fine tuning gk,bingung buka cover bearingnya di mana, tolong arahannya om... makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh di share gimbalnya seperti apa?

      Delete
    2. punya sya merk china juga mengalami masalah yang sama, sayangnya belum nemu cara buka cover bearingnya

      Delete
  2. om..mau tny..stabilizer saya gk bisa di geser kanan kiri..solusinya gmn y?jd susah stabil..

    ReplyDelete

Silahkan mengobrol disini, saya ambil kopi dan jajan dulu biar chit-chatnya enak.

About Me

Powered by Blogger.